Rabu, 18 September 2019

RISET DAN OPEN MINDEDNES


v  Riset korelasi
 ialah suatu riset atau penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan tidak mempengaruhi variabel tersebut sehingga tidak terjadi manipulasi variabel.
contoh judul :Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Praktik Instalasi Listrik Di SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
v  Setelah saya mempelajari konsep dasar psikologi sosial yang dapat saya ambil adalah bahwa psikologi sosial itu mempelajari perilaku, perasaan, dan pikiran manusia yang dipengaruhi oleh lingkungan yang ada disekitarnya atau mungkin saya lebih membayangkannya sebagai sebuah bentuk adaptasi sosial. Jadi dari apa yang saya baca tadi dapat disimpulkan bahwa psikologi sosial mempelajari dan mengkaji secara ilmiah pemikiran, perasaan, dan perilaku seseorang dalam konteks sosial yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial disekitarnya dan mengkaji bagaimana pengaruhnya bagi orang lain.
v  Untuk bisa bersikap open mindedness kita harus bisa menerima, menampung, dan mempertimbangkan pendapat yang berbeda-beda  dari orang lain dengan tangan terbuka, sehingga kita tidak hanya melihat dari satu sisi sudut pandang saja tapi kita juga melihat dari berbagai sisi sudut pandang mereka, dan tidak berpikiran bahwa apa yang saya lihat dari sudut pandang saya adalah yang paling benar.
v  Penelitian / riset berasal dari bahasa inggris research, re  artinya kembali, sedangkan to search diartikan mencari, jadi secara harfiah riset adalah upaya untuk mencari kembali. Menurut KBBI riset adalah penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah, untuk meningkatkan  pengetahuan dan pengertian, mendapatkan fakta baru, atau melakukan penafsiran yang belum diketahui. Jadi dapat disimpulkan riset adalah suatu proses mencari, menyelidiki, dan mengumpulkan informasi dari suatu masalah untuk menemukan fakta baru guna mengembangkan ilmu pengetahuan.

Penelitian / riset khususnya dalam lingkup psikologi digunakan untuk mengumpulkan informasi atau data guna mendapatkan kesimpulan yang valid dan tidak hanya berdasar pendapat, opini, keyakinan atau perasaan personal.
Contoh judul peneitian : Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan ( oleh : Ratna Syifa'a Rachmahana )


0 komentar:

Posting Komentar