Rabu, 18 September 2019

HUB. INTERPERSONAL BAGIAN CINTA



(1)Apakah saat ini anda sedang menjalin hubungan cinta dengan seseorang? Bila, “tidak” mengapa? Dan Bila, “ya,” deskripsikan pikiran dan perasan anda tentang orang yang anda cintai, dan apa efeknya bagi diri anda;
(2) Sejauah ini apa yang anda bayangkan tentang pernikahan;
(3) Setelah memperlajari materi tentang cinta, hubungan kekasih dan pernikahan ini, apa yang dapat anda simpulkan?
                                
1.     (N0 1) Tidak, karena bagi saya saat ini belum waktu yang pas untuk menjalin hubungan cinta karena masih banyak hal lain yang ingin saya capai dan prioritaskan daripada menjalin hubungan cinta dengan seseorang.
2.     (NO 2 ) Selama yang saya ketahui pernikahan merupakan suatu momen yang sangat skaral yang terjadi dalam siklus kehidupan manusia. Pernikahan merupakan momen dimana dua orang yang berlainan jenis mengikatkan janji untuk saling mencintai sehidup semati, selalu bersama disaat senang maupun susah, berkomitmen membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah untuk melanjutkan keturunannya.
3.    (NO 3)  Dari yang dapat saya simpulkan cinta memiliki beberapa tipe.  Ada 3 faktor yang menentukan tipe cinta itu, yaitu Passion ( nafsu,gairah,..), Commitment ( tekad untuk mempertahankan hubungan), dan Intimacy (perasaan dekat,hangat,dll). Jika dari 3 faktor itu ada yang tidak terpenuhi/berat sebelah akan menciptakan tipe cinta yang berbeda-beda. Cinta yang sempurna adalah cinta yang memenuhi ketiga faktor tersebut (Consummate love) walaupun beberapa orang kadang nyaman dengan hubungan cinta tanpa adanya salah satu/dua faktor yang terpenuhi.
Pernikahan merupakan suatu jalan untuk mempertahankan hubungan cinta agar lebih erat dan lama. Namun pada kenyataanya, selama menjalani kehidupan sebagai suami-istri terkadang tak seindah dulu selama pacaran, mulai muncul masalah-masalah yang tentunya lebih berat. Lalu karena manusia bukan makhluk yang sempurna maka mereka tentu mempunyai sisi negatif dan selama menjalani kehidupan bersama akan mulai muncul karakteristik negatif dari masing-masing pasangan yang mulai terlihat bahkan sulit diterima oleh masing-masing dari mereka sehingga dapat membuat hubungan menjadi renggang dan cinta yang berkurang. Oleh karena itu cinta dalam pernikahan sangatlah penting karena pernikahan bukan merupakan hal sepele, perlu banyak pertimbangan sebelum melangsungkan pernikahan. Dalam materi yang diberikan juga saya belajar bahwa cinta itu adalah soal ketidaksanggupan melepaskan keterikatan psikologis, bukan hanya soal bahagia dll.

0 komentar:

Posting Komentar