Rabu, 18 September 2019

APA ITU HEURISTIK KETERSEDIAAN


Diskusikan dan atau paparkan lebih jauh, mendetail berserta contohnya, dan pengaruhnya tentang jenis heuristik ketersediaan

  1. Heuristik ketersediaan ( availability heuristic ) menurut beberapa pengertian dalam kamus psikologi adalah :

  •    Suatu peramalan tentang kemungkinan sebuah kejadian didasarkan pada kemudahan untuk mengingat kembali atau membayangkan kejadian serupa (King,2010)
  •       Jalan pintas mental yang membuat orang mendasarkan suatu keputusan pada mudah-tidaknya sesuatu diingat oleh orang tersebut (Solso, Maclin & Maclin, 2008)
  •   Strategi kognitif untuk memperkirakan dengan cepat frekuensi, insiden, atau probabilitas dari suatu kejadian berdasarkan pada mudahnya contoh diambil dari memori (Shiraev & Levy,2012)

Disini kesimpulan saya bahwa heuristik ketersediaan adalah bagaimana kita membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang kita miiki.
Misalnya saat dalam pemilihan ketua osis, terdapat dua kandidat calon ketua osis sebut saja si A dan si B. Saya sangat mengenal si A karena kebetulan dia juga sekelas dengan saya jadi saya tau watak-wataknya, sedangkan si B saya belum pernah berbicara dengannya sehingga saya kurang mengenalnya. Dari situ otomatis saya akan memilih si A bukan karena saya temannya, namun karena saya sudah memiliki beberapa informasi mengenai si A di pikiran saya.
Namun seringkali informasi yang kita punya terlalu dilebih-lebihkan, terlalu di dramatis, atau mungkin informasi yang kita punya ini hanya memandang  hal-hal bersifat negatifnya saja. Jadi seakan-akan kita beranggapan buruk tentang orang yang bersangkutan. Misalnya dari contoh diatas, saya mengenal si A jauh lebih dekat dibandingkan si B karena itu saya tau sifat-sifat buruknya si A. Maka otomatis saya tidak akan memilih si A untuk menjadi ketua osis dan cenderung memilih si B. Padahal baik si A dan si B itu pasti memiliki kekurangan karena mereka sama-sama manusia. Namun informasi yang saya punya tentang kejelekan si A terlalu dilebih-lebihkan, makanya saya melakukan segala cara agar si A tidak terpilih menjadi ketua osis, misal meyebarkan gosip tentang kejelekan si A sehingga para pendukungnya semakin berkurang.


Lalu dampak lainnya adalah priming, priming sebagaimana dijelaskan dalam kamus psikologi adalah
  1. .      fasilitas pemrosesan stimulus atau tugas melalui stimulus atau tugas yang mendahuluinya (smith&Kosslyn,2007)
  2.   proses yang didalamnya sebuah petunjuk ( cue ) meningkatkan kemampuan mengingat atau rekognisi item selanjutnya dari memori (Solso,Maclin&Maclin,2008)
  3.  fenomena penunjukkan terhadap sebuah kata atau konsep (prime)kemudian membuat lebih mudah mengingat informasi berkaitan dengan kata tersebut, bahkan ketika tidak ada kesadaran memori terhadap sebuah kata atau konsep (Feldman,2012)
secara singkat priming merupakan suatu efek yang menyerang individu berupa bertambahnya ketersediaan informasi yang kemudian terbentuk secara tidak sadar sebagai akibat dari seringnya menerima rangsangan.
Contohnya, waktu itu saya pernah mengalami depresi dan terkadang saya sering berhalusinasi, seperti melihat, mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada dan kadang berbicara sendiri. Ibu saya yang notabennya dulu hidup di lingkungan yang bisa dikatakan agak terpencil dan disana orang-orang sangat mempercayai hal-hal bersifat gaib, langsung menyimpulkan bahwa saya kerasukan jin dan semacamnya makanya saya sering dibawa ke orang pintar seperti Kyai. Namun setelah akhirnya saya dibawa ke psikolog dan psikiater disana dijelaskan bahwa saya mengalami depresi dan itu bukan sesuatu yang baru untuk remaja seusia saya.
Dalam kamus psikologi terdapat 5 macam priming :
  1.   Priming konseptual : membatu pemrosesan makna berkaitan dengan pemrosesan stimulus yang bersangkutan
  2.    Priming  motorik : berkaitan dengan tindakan
  3.   Priming perseptual : berkaitan dengan pemrosesan stimulus sebelumnya
  4.   Priming semantik : penyajian prime secara semantik yang kemudian diikuti penyajian kata sasaran
  5. Priming subliminal : penyajian stimulus yang berada diambang persepsi seseorang secara singkat, berfungsi meningkatkan ambang pengambilan



0 komentar:

Posting Komentar