Senin, 23 September 2019

ORGANISASI DAN KELOMPOK KERJA

Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri. Dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya orang-orang akan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu kelompok. Kelompok tersebut dinamakan kelompok sosial. Kelompok sosial atau group merupakan kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama, terdiri dari dua individu atau lebih yang saling bergantung dan berhubungan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Kelompok akan dikatakan kelompok jika memenuhi persyaratan diantaranya adalah adaya kesadaran dari setiap anggota kelompok bahwa ia merupakan bagian dari kelompok, adanya hubungan timbal balik antara anggota satu dengan yang lainnya, adanya suatu faktor besama yang menjadikan hubungan bertambah erat ( ideologi, tujuan yang sama, dll ), adanya struktur, berkaidah, dan mempunyai pola perilaku bersistem dan berproses.

Seiring berjalannya tahun kita mulai memasuki kelompok sosial yang baru. Saat kita memasuki bangku sekolah maka kita akan berada pada kelompok sekolah/pelajar, setelah lulus dan menjadi mahasiswa kita berada pada lingkup kelompok mahasiswa, setelah bekerja kita kembali memulai lingkup baru di kelompok kerja.
Dari adanya kelompok-kelompok kerja maka akan memunculkan terbentuknya organisasi kerja atau organisasi industri. Organisasi merupakan sebuah wadah tempat berkumpulnya sekelompok orang yang bekerja sama secara rasional dan sistematis dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi industri terdiri dari kelopok-kelompok kerja yang berkaitan satu sama lain.

Proses terbentuknya organisasi industri dibagi menjadi dua cara, yaitu dengan perencanaan dan tanpa perencanaan. Proses terbentuknya organisasi industri dengan perencanaan adalah suatu proses pembangunan organisasi indutri dengan menyiapkan hal-hal seperti uang, peralatan, dan tempat, serta visi misi yang jelas dan terencana.  Contohnya, seorang pengusaha ingin membangun sebuah restoran makanan cepat saji. Beliau pun sudah menyiapkan banyak hal mulai dari dana, pekerja bangunan, peralatan, dan lokasi, serta motto/visi misi restoran yang akan dibangunnya jauh-jauh hari. Sedangkan Proses terbentuknya organisasi industri tanpa perencanaan adalah suatu proses pembangunan organisasi industri tanpa kesengajaan dan tidak terncana. Contohnya, Kak Lia yang hobi melukis baik itu di kanvas, sepatu, dan objek-objek lain sering mengunggah hasil karyanya di instagram. Lama-kelamaan followers di akun insatgramnya semakin banyak, dan tak jarang ia menerima pesanan dari orang-orang yang ingin membeli lukisannya. Dari situlah ia memulai usaha melukisnya sedikit demi sedikit.

Kelompok dibagi menjadi dua berdasarkan sifatnya :

1. Kelompok formal ( formal group )

Kelompok formal merupakan kelompok yang penugasan anggota-anggotanya ditetapkan berdasarkan struktur organisasi untuk meraih tujuan-tujuan organisasi.

- Kelompok komando ( command group )

Kelompok komando biasanya ditentukan oleh bagan organisasi dimana individu-individunya mengikuti garis komando dengan jelas, seperti bawahan yang mengikuti perintah atasannya.

- Kelompok tugas ( task group )

Kelompok tugas terdiri dari individu-individu yang bekerjasama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh organisasi.


2. Kelompok informal ( informal group )

Kelompok informal merupakan kelompok yang terbentuk secara alamiah sebagai tanggapan atas kebutuhan kontak sosial, dan tidak memiliki struktur organisasi secara formal

Berdasarkan asal para anggotanya, kelompok informal dibagi menjadi :

- Kelompok informal klik mendatar ( horizontal clique )

Kelompok klik mendatar berasal dari anggota-anggota dari satuan kerja yang sama atau berbeda dengan bidang atau tingkat organisasi yang sama.

- Kelompok klik tegak ( vertical clique )

Kelompok klik tegak berasal dari anggota-anggota dengan tingkat organisasi yang berbeda.

- Kelompok klik acak ( random clique )

Kelompok klik acak berasal dari anggota-anggota dari satuan kerja yang sama atau berbeda dengan bidang atau tingkat organisasi yang sama atau berbeda.

Sedangkan berdasarkan alasan menjadi anggotanya, kelompok informal dibagi menjadi

- Kelompok sesuai minat atau dengan kepentingan yang sama ( interest group )

Kelompok yang terbentuk karena adanya minat yang sama diantara individu-individu ( seperti hobi ), atau karena adanya kepentingan yang sama satu sama lain.

- Kelempok persahabatan ( friendship group )

Kelompok yang terbentuk karena jalinan ikatan yang kuat, saling tertarik, serta merasa cocok dengan ciri dan sifat masing-masing.

sumber : https://dosenpsikologi.com/psikologi-industri-dan-organisasi

http://sumberilmupsikologi.blogspot.com/2015/06/organisasi-dan-kelompok-kerja.html



0 komentar:

Posting Komentar