Rabu, 18 September 2019

KOGNISI SOSIAL, SKEMA, DAN EFEK BERTAHAN


(1) Jelaskan dengan bahasa anda sendiri apa itu kongisi sosial?;
(2)  Jelaskan dengan bahasa anda sendiri apa yang dimaksud dengan skema?;
(3) Jelaskan dengan bahasa anda sendiri dan beri contoh tentang efek bertahan?;
(4) Beri contoh tentang pengalaman anda menggunakan skema pada situasi atau pengalaman baru;
(5) Jelaskan dengan bahasa anda sendiri apa yang dimaksud self fulfilling prophecy dan beri contohnya?

  1.      Kognisi sosial adalah suatu cara atau proses untuk mengolah informasi dengan mengingat,berpikir, dan mencari tahu untuk memahami fenomena-fenomena manusia yang terjadi dalam konteks sosial dan penyebab terjadinya fenomena-fenomena tersebut.
  2.    Skema adalah informasi yang berasal dari pengalaman yang pernah dilalui di masa lampau, dan informasi itu kita tarik kembali/kita terapkan untuk menghadapi kondisi yang hampir sama dengan pengalaman masa lampau yang sedang terjadi saat ini.
  3. Efek bertahan ialah sikap cenderung mempertahankan persepsi kita walau informasi yang kita dapatkan bertolak belakang/bertentangan dengan persepsi kita. Contoh : Ketika orang-orang menilai seseorang yang berpakaian serba hitam, bertato dan menggunakan tindik maka orang tersebut akan dicap sebagai orang yang berkelakuan kasar seperti preman dan pemalak walau kenyataanya orang-orang bertato dan bertindik itu adalah orang-orang yang menolong anak yatim-piatu, lalu ketika orang-orang menilai seseorang yang berpakaian rapi dengan setelan jas maka orang tersebut akan dinilai sebagai orang yang sopan dan berpendidikan walau kenyataanya orang bersetelan jas tersebut adalah seorang penipu. 
  4. Waktu saya masih duduk dibangku SMA untuk pertama kalinya saya dibelikan smarthphone oleh orang tua saya, sebelumnya saya hanya pernah melihat wujudnya tanpa pernah mencobanya. Namun saya pernah menggunakan handphone yang terbilang agak jadul namun masih dengan merk yang sama dengan smarthphone tersebut, sehingga saya masih mengenali beberapa ciri yang sama dari handphone lama saya dengan smarthphone itu, diantarnya tombol power, home, dan volume. Lalu saya mencoba mengaktifkannya dan ternyata benar letaknya tombolnya sama. Lalu saya mencoba mengoperasikannya dan benar beberapa fungsi masih sama dengan handphone lama saya. Tidak butuh waktu lama saya pun dapat mengoperasikannya dengan lancar berkat informasi yang dulu saya peroleh dari handphone lama saya.
  5.  Self fulfilling phropecy adalah sesuatu yang kita percaya/kita dugai menjadi benar-benar terjadi, tanpa disadari kita yang menjadi faktor hal itu benar-benar terjadi.
Contoh : seorang istri yang menduga suaminya selingkuh, akhirnya ia jadi malas beraktivitas, malas memasak untuk suami, malas berdandan, malas membersihkan rumah, berkelakuan tidak sopan dan tidak hormat, akhirnya sang suami membalas dengan benar-benar selingkuh dengan wanita lain yang lebih telaten,ramah,sopan, dan hormat kepadanya.

0 komentar:

Posting Komentar