Rabu, 18 September 2019

APA ITU ATTENTION, ENCODING, DAN RETRIEVAL DALAM PSIKOLOGI


Berikan contoh dan diskusikan lebih lanjut tentang perhatian, menyimpan, dan menginat kembali informasi. 
  • 1.       Perhatian (attention) adalah sesuatu yang terlihat menarik bagi kita dan membuat kita terpikat, menurut Smith & Kosslyn (2007) dalam kamus psikologi, perhatian adalah proses di waktu tertentu, meningkatkan beberapa informasi dan menyaring informasi lainnya. Perhatian (attention) ini dipengaruhi oleh skema, karena skema merupakan kerangka mental hasil dari pengalaman masa lalu maka apa yang menarik perhatian kita juga tidak jauh dari pengalaman masa lalu itu, contohnya bila terdapat acara Tari Emblek dan dangdut maka yang lebih menarik perhatian saya adalah Tari Emblek karena di lingkungan tempat saya tinggal sejak dulu sering diadakan Tari Emblek sehingga saya punya informasi dan kerangka mental tentang Tari Emblek.
  • 2.       Menyimpan (encoding) yang dimaksud disini adalah menyimpan informasi dari sesuatu hal yang menarik dan menjadi fokus perhatian kedalam ingatan jangka panjang dan akan diingat lebih lama, ini juga dipengaruhi oleh skema, karena apa yang menjadi pengalaman masa lalu itu informasinya akan membekas dalam ingatan. Misal saya lebih tau tentang budaya jawa di pedesaan daripada budaya-budaya di kota besar, karena saya sejak kecil hidup di pedesaan dengan budaya jawa yang masih kental dan dididik sesuai adat disana.
  • 3.       Mengingat kembali (retrieval)  berhubungan dengan hal atau informasi apa yang dulu pernah kita dapatkan dan kita coba untuk menggali lagi informasi yang pernah didapat itu. Misal jika saya harus memilih antara jurusan bahasa jawa dan bahasa inggris saya akan memilih jurusan bahasa jawa karena saya selain sudah terbiasa dengan bahasa jawa juga karena itu cocok dengan skema saya.


0 komentar:

Posting Komentar